Mengenal Otomatisasi Proses Robotik atau Robotic Process Automation (RPA)
Robotic process automation (RPA) atau otomatisasi proses
robotik adalah teknologi perangkat lunak yang memudahkan untuk membangun,
menyebarkan, dan mengelola robot perangkat lunak. Robot ini meniru tindakan
manusia yang berinteraksi dengan sistem dan perangkat lunak digital. Sama
seperti manusia, robot perangkat lunak dapat melakukan hal-hal seperti memahami
apa yang ada di layar, menyelesaikan penekanan tombol seperti manusia,
menavigasi sistem, mengidentifikasi dan mengekstrak data, dan melakukan berbagai
tindakan yang ditentukan. Tetapi robot perangkat lunak dapat melakukannya lebih
cepat dan lebih konsisten daripada manusia, tanpa perlu bangun dan meregangkan
tubuh atau rehat kopi.
Apa manfaat bisnis dari
RPA?
Otomatisasi
proses robot merampingkan alur kerja, yang membuat organisasi lebih
menguntungkan, fleksibel, dan responsif. RPA juga meningkatkan kepuasan,
keterlibatan, dan produktivitas karyawan dengan menghilangkan tugas-tugas biasa
yang berulang dari pekerjaan mereka.
RPA bersifat
non-invasif dan dapat diimplementasikan dengan cepat untuk mempercepat
transformasi digital. Dan RPA sangat ideal untuk mengotomatisasi alur kerja
yang melibatkan sistem lama yang tidak memiliki antarmuka pemrograman aplikasi
(API), infrastruktur desktop virtual (VDI), atau akses database.
Mengapa RPA dapat begitu
transformatif?
Teknologi
RPA mengubah cara dunia menyelesaikan pekerjaan.
Robot
perangkat lunak—bukan manusia—melakukan pekerjaan berulang dan bernilai rendah
seperti masuk ke aplikasi dan sistem, memindahkan file dan folder,
mengekstraksi, menyalin, dan memasukkan data, mengisi formulir, dan
menyelesaikan analisis dan laporan rutin. Robot tingkat lanjut bahkan dapat
melakukan proses kognitif seperti menafsirkan teks, terlibat dalam obrolan dan
percakapan, memahami data yang tidak terstruktur, dan menerapkan model
pembelajaran mesin tingkat lanjut untuk membuat keputusan yang kompleks.
Ketika robot
melakukan jenis tugas berulang dan bervolume tinggi ini, manusia dibebaskan
untuk fokus pada hal-hal yang paling penting untuk mereka lakukan dan
menikmatinya, yaitu: berinovasi, berkolaborasi, berkreasi, dan berinteraksi
dengan pelanggan. Perusahaan juga mendapatkan keuntungan besar, yaitu:
produktivitas, efisiensi, dan ketahanan yang lebih tinggi. Tidak heran jika RPA
mengubah cara kita semua bekerja.
Di mana RPA dapat
digunakan?
Saat ini,
RPA mendorong efisiensi baru dan membebaskan karyawan dari pekerjaan
membosankan yang berulang di berbagai industri dan proses. Perusahaan di
industri mulai dari layanan keuangan, perawatan kesehatan, manufaktur, sektor
publik, hingga ritel dan lainnya telah menerapkan RPA di berbagai bidang
seperti keuangan, kepatuhan terhadap sturan tertentu (compliance), hukum,
layanan pelanggan, operasional, dan TI. Dan itu baru permulaan.
RPA telah
berkembang menjadi begitu cepat karena dapat diterapkan secara luas. Hampir
semua proses bervolume tinggi, didasarkan pata aturan (rules) bisnis, dan
berulang adalah kandidat yang bagus untuk otomatisasi. Dan menjadi trend saat
ini adalah otomatisasi proses kognitif yang membutuhkan keterampilan AI tingkat
tinggi.
Fitur
dan kemampuan apa yang penting dalam teknologi RPA?
Untuk membangun dan
mengelola program RPA di seluruh perusahaan, Anda memerlukan teknologi yang
jauh lebih dari sekadar membantu Anda mengotomatiskan satu proses. Anda
memerlukan platform yang dapat membantu Anda membuat dan mengelola kemampuan
baru di seluruh perusahaan dan membantu Anda menjadi perusahaan yang sepenuhnya
otomatis. Teknologi RPA Anda harus mendukung Anda secara menyeluruh, mulai dari
menemukan peluang otomatisasi yang hebat di mana saja, hingga membangun robot
berperforma tinggi dengan cepat, hingga mengelola ribuan alur kerja otomatis.
Apakah RPA sama dengan
kecerdasan buatan (AI)?
RPA bukan AI; AI bukan
RPA. Tetapi kombinasi RPA dan AI membuka kemungkinan baru yang sangat besar
untuk perusahaan di mana saja. Untuk satu hal, teknologi RPA sekarang
memungkinkan untuk memasukkan keterampilan AI tingkat lanjut dalam bentuk model
pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami (NLP), pengenalan karakter dan
gambar, dan banyak lagi ke dalam robot RPA. Dengan memberikan robot
keterampilan AI akan secara dramatis memperluas kemampuan mereka untuk
menangani proses kognitif yang membutuhkan hal-hal seperti:
- Memahami dokumen termasuk data semi terstruktur
atau tidak terstruktur
- Memvisualisasikan layar (termasuk desktop
virtual)
- Memahami ucapan dan melakukan percakapan dan
obrolan
AI juga memungkinkan
untuk secara ilmiah menemukan rangkaian lengkap peluang otomatisasi dan
membangun jalur otomatisasi yang kuat melalui aplikasi RPA seperti penambangan
proses.
Dan pada saat perusahaan
perlu mempercepat integrasi AI mereka ke dalam aktivitas dan keputusan lini
depan, banyak yang yakin bahwa RPA dapat berfungsi sebagai sistem delivery
'last-mile' dari AI, yang mengantarkan AI ke kebutuhan nyata dari para pekerja.
Robot dapat dikonfigurasi untuk menerapkan model pembelajaran mesin ke proses
dan analisis pengambilan keputusan otomatis, membawa kecerdasan mesin jauh ke
dalam operasi sehari-hari.
Mengapa RPA menjadi
perangkat lunak perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia?
Sangat mudah untuk
menjelaskan mengapa adopsi RPA semakin cepat di seluruh dunia.
- RPA dapat membantu berbagai jenis industri
mengatasi masalah operasional spesifik mereka dengan cara baru dan kuat.
- Pemimpin area fungsional mulai dari keuangan, layanan pelanggan, pemasaran, sumber daya manusia, dan lainnya menemukan bahwa RPA meningkatkan banyak proses, menghasilkan kapasitas yang lebih tinggi, hasil yang lebih cepat, dan lebih sedikit kesalahan untuk proses kerja utama.
Comments
Post a Comment