Apa Itu SEO? Perbedaan SEO dan SEM

 



Apa yang dimaksud SEO 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu langkah optimasi yang dilakukan agar website berada di hasil teratas mesin pencari (Google).


Perbedaan SEO dan SEM

Nah, tadi, Anda sudah mempelajari apa itu SEO dan pengertiannya. Sekarang, kami akan membahas apa itu SEM atau Search Engine Marketing.

SEM adalah strategi pemasaran yang digunakan bisnis untuk menjangkau audiens mereka melalui hasil mesin pencari.

Perbedaan SEO vs SEM terletak pada strategi yang digunakan, SEO dilakukan secara alami (organik), sedangkan SEM menggunakan strategi berbayar agar website selalu muncul di halaman awal mesin pencari. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil juga berbeda, SEO umumnya lebih lama dan butuh konsistensi, sedangkan SEM bisa langsung terlihat.

Untuk lebih detailnya kira-kira seperti ini:

  • SEO mengandalkan traffic organik, yaitu jumlah kunjungan yang berasal dari mesin pencarian seperti Google atau Bing sehingga perlu waktu dan upaya yang konsisten.
  • SEM menggunakan traffic berbayar, yaitu dengan membayar sejumlah biaya untuk memasang iklan di Google Ads atau platform lain sehingga hasilnya bisa langsung muncul.

Meskipun keduanya berbeda, SEO dan SEM tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. SEO yang baik akan jadi dasar yang kuat untuk keberhasilan strategi SEM. Misalnya, optimasi dengan keyword yang tepat akan menaikkan Skor Kualitas Google dan visibilitas website.

Cara Kerja SEO

Ada tiga tahapan yang dilakukan search engine untuk mengumpulkan, mengelola, dan menampilkan informasi.

Berikut cara kerja SEO:

  1. Crawling.
    Mesin pencari memiliki web crawler, atau bisa juga disebut spiderbots atau bots, yang fungsinya untuk mencari dan mengumpulkan informasi agar halaman website bisa diindeks.
  2. Indexing.
    Tahapan ini membutuhkan informasi yang sudah dikumpulkan oleh web crawler. Misalnya, kata kunci dan apakah konten sudah diperbarui atau belum. Setelah itu, halaman website akan ditambahkan ke index pencarian. Nantinya ketika kata kunci diketikkan di browser, mesin pencari akan mengambil (fetch) website yang telah diindeks.
  3. Ranking.
    Hasil pencarian akan menampilkan website yang tersimpan di dalam index pencarian. Urutannya dimulai dari yang paling relevan ke yang tidak relevan.

Search Engine Optimization menentukan performa website di mesin pencari. Sebagai contoh, internal link yang terstruktur akan mempermudah web crawler dalam menganalisa landing page. Crawler akan bisa menjelajahi web dan mengindeks konten lebih mendalam.

Faktor lain yang memengaruhi cara kerja SEO dan juga algoritma mesin pencari adalah kesesuaian kata kunci, kualitas backlink, dan konten yang di-update.

Manfaat SEO

Sebanyak 53,3% traffic datang dari pencarian organik. Tak heran kalau faktor ini sangat diperhatikan dalam pemasaran online. Peluangnya tinggi untuk mengonversi pengunjung menjadi pembeli. 

Tapi, untuk mendatangkan traffic organik, Anda tidak cukup hanya dengan memahami apa itu SEO. Anda juga harus melakukan beberapa strategi dan mengoptimasi bagian-bagian website agar memenuhi kriteria algoritma pencarian yang terus-menerus berubah.

Search Engine Optimization terdiri atas beragam strategi yang berfokus pada visibilitas website di mesin pencari. Semakin naik peringkatnya, semakin banyak trafik yang datang.

Upaya ini sangat penting, apalagi untuk website bisnis. Brand Anda jadi lebih dikenal dan penjualan serta revenue juga akan ikut bertambah.

Algoritma Google juga memperhitungkan berbagai faktor SEO ketika menganalisa dan menampilkan website di hasil pencarian.

Jika website berhasil ada di puncak hasil pencarian, kredibilitas brand bisnis juga akan ikut naik.

Comments

Popular Posts